1}. Alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dikatakan baik jika?

  1. awaban pengecoh mengarahkan peserta tes untuk memilih jawaban yang benar
  2. awaban pengecoh tidak terkait dengan materi pertanyaan
  3. Jawaban pengecoh disusun dengan kalimat yang sulit dipahami
  4. Setidaknya 5% dari peserta tes memilih jawaban tersebut
  5. Tidak satupun peserta tes yang memilih jawaban pengecoh.

Jawaban: D. Setidaknya 5% dari peserta tes memilih jawaban tersebut

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dikatakan baik jika setidaknya 5% dari peserta tes memilih jawaban tersebut.

2}. Setiap Orang yang melanggar norma Hukum tanpa kecuali akan mendapatkan?

  1. Hukuman penjara sesuai kesalahannya
  2. Sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran
  3. Sanksi sesuai ketentuan yang berlaku
  4. Hukuman yang setimpal dengan kesalahannya
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. Sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, setiap orang yang melanggar norma hukum tanpa kecuali akan mendapatkan sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran.

3}. Poster adalah salah satu alat untuk menyampaikan?

  1. Laporan
  2. Anggaran
  3. Pertanyaan
  4. Pesan
  5. 0

Jawaban: D. Pesan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, poster adalah salah satu alat untuk menyampaikan pesan.

4}. Yang termasuk ke dalam golongan Hewan Avertebrata (Hewan tidak bertulang belakang), adalah?

  1. Siput
  2. Beruang
  3. Gajah
  4. Kambing
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Siput

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, yang termasuk ke dalam golongan hewan avertebrata (hewan tidak bertulang belakang), adalah siput.

5}. Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan oleh sekolah dalam menyusun dokumen KTSP:1. Penyusunan Dokumen I, Silabus dan RPP 2. Analisis peraturan perundangan, ketersediaan sumber daya, kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan dan lingkungan 3. Pengesahan Dokumen I KTSP oleh Dinas Pendidikan. Penetapan penggunaan KTSP oleh Kepala sekolah dan Komite dalam rapat Dewan Pendidik dan Komite Urutan langkah penyusunan KTSP yang benar adalah?

  1. 1-2-3-4
  2. 1-3-4-2
  3. 2-1-3-4
  4. 2-1-4-3
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. 2-1-4-3

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, berikut adalah kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan oleh sekolah dalam menyusun dokumen ktsp:1. penyusunan dokumen i, silabus dan rpp 2. analisis peraturan perundangan, ketersediaan sumber daya, kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan dan lingkungan 3. pengesahan dokumen i ktsp oleh dinas pendidikan. penetapan penggunaan ktsp oleh kepala sekolah dan komite dalam rapat dewan pendidik dan komite urutan langkah penyusunan ktsp yang benar adalah 2-1-4-3.

6}. Konferensi meja bundar dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus s.d. 2 November 1949 di

  1. Den Haag, Belanda
  2. B. H2CO3
  3. C. CaCO3
  4. D. CaO
  5. E. CO2

Jawaban: C. C. CaCO3

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, konferensi meja bundar dilaksanakan pada tanggal 23 agustus s.d. 2 november 1949 di c. caco3.

7}. Pengaruh budaya Hindu dari India menyebabkan Kutai yang semula merupakan kelompok masyarakat yang berbentuk suku berubah menjadi kerajaan. Namun demikian pada masa raja Kudungga dianggap belum mendapat pengaruh budaya dari India. Hal ini didasarkan atas?

  1. Kudungga Pemimpin Adat
  2. Kudungga nama asli pribumi
  3. Kudungga nama daerah asli
  4. Kudungga nama istana di Kutai
  5. Kudungga nama pura di Kutai bangunan Punden Berundak sebagai pola candi

Jawaban: B. Kudungga nama asli pribumi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pengaruh budaya hindu dari india menyebabkan kutai yang semula merupakan kelompok masyarakat yang berbentuk suku berubah menjadi kerajaan. namun demikian pada masa raja kudungga dianggap belum mendapat pengaruh budaya dari india. hal ini didasarkan atas kudungga nama asli pribumi.

8}. nah kekayaan alam ini disebut dengan jenis kekayaan?

  1. flora
  2. fauna
  3. tambang
  4. laut
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. flora

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, nah kekayaan alam ini disebut dengan jenis kekayaan flora.

9}. Seni pertunjukan wayang kulit di Indonesia, khususnya di Jawa mengandung nilai-nilai yang bersifat edukatif (pendidikan), termasuk bentuk akulturasi budaya apakah wayang kulit tersebut?

  1. Seni tari
  2. Seni sastra dan aksara
  3. Seni rupa dan seni ukir
  4. Seni bangunan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. Seni sastra dan aksara

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, seni pertunjukan wayang kulit di indonesia, khususnya di jawa mengandung nilai-nilai yang bersifat edukatif (pendidikan), termasuk bentuk akulturasi budaya apakah wayang kulit tersebut seni sastra dan aksara.

10}. Latarbelakang terjadinya peristiwa Revolusi Prancis dapat ditinjau dari sebab umum dan sebab khusus. Jika ditinjau dari sebab khusus, Revolusi Prancis disebabkan oleh?

  1. pengaruh ajaran Trias Politika dari Montesquieu
  2. berlangsungnya sistem pemerintahan yang absolut
  3. masalah kekosongan kas negara Prancis karena Madam Devisit negara
  4. dampak dari perang kemerdekaan Amerika Serikat
  5. kesenjangan yang mencolok pada masyarakat Prancis

Jawaban: A. pengaruh ajaran Trias Politika dari Montesquieu

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, latarbelakang terjadinya peristiwa revolusi prancis dapat ditinjau dari sebab umum dan sebab khusus. jika ditinjau dari sebab khusus, revolusi prancis disebabkan oleh pengaruh ajaran trias politika dari montesquieu.

11}. Perhatikan data berikut:1)Peristiwa masa lampau dalam kehidupan manusia, 2) Kisah masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis, 3) Ilmu yang mempelajari tentang peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau, 4) Ilmu yang digunakan untuk meramalkan peristiwa yang akan terjadi, 5) Kisah pada masa lampau yang tidak terikat dengan kehidupan masa kini Berdasarkan data diatas, pengertian sejarah secara umum ditunjukkan oleh nomor?

  1. 1), 2), dan 3)
  2. 2), 3), dan 4)
  3. 3), 4), dan 5)
  4. 1), 3), dan 5)
  5. 2), 4), dan 5)

Jawaban: A. 1), 2), dan 3)

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, perhatikan data berikut:1)peristiwa masa lampau dalam kehidupan manusia, 2) kisah masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis, 3) ilmu yang mempelajari tentang peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau, 4) ilmu yang digunakan untuk meramalkan peristiwa yang akan terjadi, 5) kisah pada masa lampau yang tidak terikat dengan kehidupan masa kini berdasarkan data diatas, pengertian sejarah secara umum ditunjukkan oleh nomor 1), 2), dan 3).

12}. Bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan lahan pertanian semakin sempit. Kondisi ini ditandai dengan adanya alih fungsi lahan menjadi area pemukiman. Dampak perubahan sosial budaya tersebut adalah?

  1. Pengangguran sektor pertanian meningkat
  2. Kesejahteraan petani semakin meningkat
  3. Produksi pangan nasional meningkat
  4. Harga pangan semakin murah
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Pengangguran sektor pertanian meningkat

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan lahan pertanian semakin sempit. kondisi ini ditandai dengan adanya alih fungsi lahan menjadi area pemukiman. dampak perubahan sosial budaya tersebut adalah pengangguran sektor pertanian meningkat.

13}. Pada Masa kolonial, kebijakan pemerintah kolonial mengadopsi kebiasaan lama, antara lain dalam menarik upeti raja taklukan, Belanda meniru raja-raja pribumi. Hal ini menunjukkan rangkaian peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang?

  1. mengalami perubahan
  2. berkembang
  3. berkelanjutan
  4. berulang
  5. bergerak

Jawaban: C. berkelanjutan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pada masa kolonial, kebijakan pemerintah kolonial mengadopsi kebiasaan lama, antara lain dalam menarik upeti raja taklukan, belanda meniru raja-raja pribumi. hal ini menunjukkan rangkaian peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan.

14}. Pengolahan tanah pertanian di daerah dataran tinggi salah satunya adalah dengan cara membuat sawah bertingkat, manfaat dari cara ini adalah

  1. Terlihat lebih indah
  2. Agar air dapat mengalir ke setiap lokasi
  3. Pembagian sinar matahari yang lebih merata
  4. Untuk konservasi tanah
  5. Agar mudah dalam panen padi

Jawaban: D. Untuk konservasi tanah

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pengolahan tanah pertanian di daerah dataran tinggi salah satunya adalah dengan cara membuat sawah bertingkat, manfaat dari cara ini adalah untuk konservasi tanah.

15}. Perhatikan beberapa pernytaan berikut! 1) Tegangan pada resistor sefase dengan arus, 2) Tegangan pada kapasitor mendahului 90 o terhadap arus, 3) Tegangan pada kapasitor tertinggal 90 o terhadap arus, 4) Tegangan pada induktor tertinggal 90 o terdapat arusCiri – ciri rangkaian RLC yang memiliki sifat kapasitif terdapat pada angka?

  1. 1) dan 2)
  2. 1) dan 3)
  3. 2) dan 4)
  4. 2) dan 3)
  5. 3) dan 4)

Jawaban: E. 3) dan 4)

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, perhatikan beberapa pernytaan berikut! 1) tegangan pada resistor sefase dengan arus, 2) tegangan pada kapasitor mendahului 90 o terhadap arus, 3) tegangan pada kapasitor tertinggal 90 o terhadap arus, 4) tegangan pada induktor tertinggal 90 o terdapat arusciri – ciri rangkaian rlc yang memiliki sifat kapasitif terdapat pada angka 3) dan 4).