1}. Dalam suatu pabrik, proses pembuatan SO3 menggunakan suatu katalis yaitu Vanadium pentaoksida menurut persamaan reaksi :SO2 (g) + O2 (g) → 2SO3 (g)Fungsi katalis dalam reaksi tersebut adalah?

  1. Meningkatkan hasil reaksi
  2. Meningkatkan jumlah tumbukan partikel-partikel pereaksi
  3. Menurunkan energi aktivasi
  4. Meningkatkan energi kinetik pereaksi
  5. Memperbesar luas permukaan pereaksi

Jawaban: C. Menurunkan energi aktivasi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dalam suatu pabrik, proses pembuatan so3 menggunakan suatu katalis yaitu vanadium pentaoksida menurut persamaan reaksi :so2 (g) + o2 (g) → 2so3 (g)fungsi katalis dalam reaksi tersebut adalah menurunkan energi aktivasi.

2}. Memakai seragam sekolah dengan benar dan baik adalah contoh. . . kita pada aturan sekolah?

  1. pelanggaran
  2. tipuan
  3. paksaan
  4. tanggung jawab
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. tanggung jawab

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, memakai seragam sekolah dengan benar dan baik adalah contoh. . . kita pada aturan sekolah tanggung jawab.

3}. Sidang pada tanggal 15 Juli 1945 merupakan rapat besar yang bertempat di gedung Chuo Sangi-In dengan agenda besar berupa?

  1. ”Pembentukan Panitia kecil perancang UUD”
  2. ”Pembahasan Rancangan Undang-Undang Dasar”
  3. Pembentukan Panitia Perancang “Declaration of Rights”
  4. ”Memutuskan bentuk negara Indonesia”
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. ”Pembahasan Rancangan Undang-Undang Dasar”

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sidang pada tanggal 15 juli 1945 merupakan rapat besar yang bertempat di gedung chuo sangi-in dengan agenda besar berupa ”pembahasan rancangan undang-undang dasar”.

4}. Pada suatu rangkaian listrik dialiri arus sebesar 6 Ampere, pada sebuah resisitor 4 Ohm. Maka besarnya tegangan pada rangkaian tersebut adalah?

  1. 24 V
  2. 12 V
  3. 6 V
  4. 4 V
  5. 1,5 V

Jawaban: A. 24 V

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pada suatu rangkaian listrik dialiri arus sebesar 6 ampere, pada sebuah resisitor 4 ohm. maka besarnya tegangan pada rangkaian tersebut adalah 24 v.

5}. Mengungkapkan dan mengkomunikasikan ide/gagasan, perasaan dalam wujud dwi matra yang bernilai artistik dengan menggunakan garis dan warna.Disebut dengan fungsi?

  1. Hiburan
  2. Komunikasi
  3. Ekspresi
  4. Pakai
  5. Estetis

Jawaban: C. Ekspresi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, mengungkapkan dan mengkomunikasikan ide/gagasan, perasaan dalam wujud dwi matra yang bernilai artistik dengan menggunakan garis dan warna.disebut dengan fungsi ekspresi.

6}. Besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Cara pembuatan magnet tersebut adalah dengan?

  1. induksi
  2. elektromagnetik
  3. menggosok
  4. memukul
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. elektromagnetik

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. cara pembuatan magnet tersebut adalah dengan elektromagnetik.

7}. Instrumen yang digunakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah?

  1. Pedoman observasi
  2. Kuesioner
  3. Pedoman wawancara
  4. Tes hasil belajar
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Pedoman observasi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, instrumen yang digunakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah pedoman observasi.

8}. Peperangan di Jawa (Perang Diponegoro) yang terjadi tahun 1825-1830 memiliki sebab-sebab khusus yaitu?

  1. Wilayah mataram semakin sempit dan para raja sebagai penguasa pribumi mulai kehilangan kadaulatan
  2. Timbulnya kekecewaan dikalangan para ulama karena masuknya budaya barat yang tidak sesuai dengan Islam
  3. Kehidupan rakyat yang semakin menderita disamping harus kerja paksa
  4. Pemasangan patok oleh Belanda untuk pembangunan jalan yang melintas tanah dan makam leluhur Pangeran Diponegoro
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. Pemasangan patok oleh Belanda untuk pembangunan jalan yang melintas tanah dan makam leluhur Pangeran Diponegoro

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, peperangan di jawa (perang diponegoro) yang terjadi tahun 1825-1830 memiliki sebab-sebab khusus yaitu pemasangan patok oleh belanda untuk pembangunan jalan yang melintas tanah dan makam leluhur pangeran diponegoro.

9}. Etnosentrisme memiliki arti perasaan kelompoknya paling baik,paling benar,paling hebat dibandingkan dengan kelompok lain.Etnosentrisme tidak hanya terdapat dalam kelompok suku,namun juga terdapat dalam kelompok lain seperti pelajar dan partai politik.Bagi pelajar menguatnya etnosentrisme dapat mengakibatkan?

  1. meningkatnya kerukunan antar pelajar
  2. perkelahian antar pelajar
  3. meningkatnya prestasi siswa
  4. semakin menguatnya rasa solidaritas
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. perkelahian antar pelajar

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, etnosentrisme memiliki arti perasaan kelompoknya paling baik,paling benar,paling hebat dibandingkan dengan kelompok lain.etnosentrisme tidak hanya terdapat dalam kelompok suku,namun juga terdapat dalam kelompok lain seperti pelajar dan partai politik.bagi pelajar menguatnya etnosentrisme dapat mengakibatkan perkelahian antar pelajar.

10}. Cara berpikir ilmiah yang sudah melembaga dalam masyarakat adalah salah satu…dari proses modernisasi?

  1. ciri
  2. syarat
  3. penentu
  4. patokan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. syarat

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, cara berpikir ilmiah yang sudah melembaga dalam masyarakat adalah salah satu…dari proses modernisasi syarat.

11}. Jumhurulama berijtihad bahwa nisab zakat profesi adalah seharga emas 93,6 gram emas murni yang diambil dari penghasilan bersih setelah dikeluarkan seluruh biaya hidup. Kelebihan inilah yang dihitung selama satu tahun, lalu dikeluarkan zakatnya sebanyak 2,5 % setiap bulan. Prosenatase ini diqiyaskan dengan zakat

  1. rikaz
  2. Sekresi
  3. Difusi
  4. Osmoregulasi
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. Osmoregulasi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, jumhurulama berijtihad bahwa nisab zakat profesi adalah seharga emas 93,6 gram emas murni yang diambil dari penghasilan bersih setelah dikeluarkan seluruh biaya hidup. kelebihan inilah yang dihitung selama satu tahun, lalu dikeluarkan zakatnya sebanyak 2,5 % setiap bulan. prosenatase ini diqiyaskan dengan zakat osmoregulasi.

12}. Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kompetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi: ?

  1. Kompetensi Paedagogik
  2. Kompetensi Profesional
  3. Kompetensi Profesional
  4. Kompetensi Sosial
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. Kompetensi Sosial

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kompetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. hal tersebut termasuk jenis kompetensi: kompetensi sosial.

13}. Pengaruh globalisasi di bidang sosial budaya Dapat kita seleksi menggunakan alat yang tepat,?

  1. UUD 1945 sebagai konstitusi negara
  2. Berbagai peraturan hukum di Indonesia
  3. Tata nilai yang berlaku dalam masyarakat
  4. Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian Bangsa
  5. Adat istiadat yang berlaku secara turun temurun.

Jawaban: D. Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian Bangsa

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pengaruh globalisasi di bidang sosial budaya dapat kita seleksi menggunakan alat yang tepat, pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa.

14}. Beberapa sifat fisis dan kimia unsur seperiode adalah..1. Logam – metaloid – nonlogam – gas mulia2. Semakin kekanan kemampuan mereduksi bertambah3. Kristal logam – molekul raksasa – molekul sederhana – monoatomik4. Semakin ke kanan energi ionisasi bertambah5. Semakin ke kanan titik didih dan titik leleh berkurangPernyataan yang sesuai dengan sifat-sifat unsur periode tiga adalah

  1. a. 1, 2, 4, dan 5
  2. memiliki roda yang banyak
  3. tidak membutuhkan tenaga manusia
  4. mempunyai mesin untuk menggerakkan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. mempunyai mesin untuk menggerakkan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, beberapa sifat fisis dan kimia unsur seperiode adalah..1. logam – metaloid – nonlogam – gas mulia2. semakin kekanan kemampuan mereduksi bertambah3. kristal logam – molekul raksasa – molekul sederhana – monoatomik4. semakin ke kanan energi ionisasi bertambah5. semakin ke kanan titik didih dan titik leleh berkurangpernyataan yang sesuai dengan sifat-sifat unsur periode tiga adalah mempunyai mesin untuk menggerakkan.

15}. Seorang laki laki usia 55 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan perut membesar disertai nyeri di perut kanan atas. Riwayat bab hitam disangkal. Dari pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva pucat, sklera tidak ikterik, eritema palmaris ada. Hasil laboratorium didapatkan Hb 10 mg/dl, Trombosit 130000, leukosit 4500, AST 34, ALT 20, Bilirubin total 1,8 mg/dl, bilirubin direk 0,4 mg/dl, albumin 3 gr/dl, INR 2. Hasil CT scan abdomen menunjukkan adanya massa berukuran 3 cm di segmen 7 dan 8 hati. Permukaan hati irreguler, tidak terdapat trombus di vena porta utama, tidak ada pembesaran kelenjar getah bening.Foto toraks tidak menunjukkan adanya nodul di paru. Pilihan terapi mengacu rekomendasi Barcelona Clinic Liver cancer (BCLC) pada pasien ini adalah?

  1. Transarterial chemoembolization
  2. Radiofrequency ablation
  3. Transplantasi Hati
  4. Reseksi Tumor
  5. Sorafenib

Jawaban: B. Radiofrequency ablation

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, seorang laki laki usia 55 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan perut membesar disertai nyeri di perut kanan atas. riwayat bab hitam disangkal. dari pemeriksaan fisik didapatkan konjungtiva pucat, sklera tidak ikterik, eritema palmaris ada. hasil laboratorium didapatkan hb 10 mg/dl, trombosit 130000, leukosit 4500, ast 34, alt 20, bilirubin total 1,8 mg/dl, bilirubin direk 0,4 mg/dl, albumin 3 gr/dl, inr 2. hasil ct scan abdomen menunjukkan adanya massa berukuran 3 cm di segmen 7 dan 8 hati. permukaan hati irreguler, tidak terdapat trombus di vena porta utama, tidak ada pembesaran kelenjar getah bening.foto toraks tidak menunjukkan adanya nodul di paru. pilihan terapi mengacu rekomendasi barcelona clinic liver cancer (bclc) pada pasien ini adalah radiofrequency ablation.

16}. Pada benda bermassa m, bekerja gaya F yang menimbulkan percepatan a. Jika F dijadikan 4F dan massa benda dijadikan 2m, maka percepatan yang ditimbulkan menjadi?

  1. 8a
  2. 4a
  3. 2a
  4. a
  5. 1/2 a

Jawaban: C. 2a

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pada benda bermassa m, bekerja gaya f yang menimbulkan percepatan a. jika f dijadikan 4f dan massa benda dijadikan 2m, maka percepatan yang ditimbulkan menjadi 2a.

17}. Tokoh yang berpendapat bahwa Democracy is government of the people, by the people and for the people yaitu?

  1. Robert Dahl
  2. Abraham Lincoln
  3. Solly Lubis
  4. Henry Mayo
  5. Philipe C. Schmitter

Jawaban: B. Abraham Lincoln

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, tokoh yang berpendapat bahwa democracy is government of the people, by the people and for the people yaitu abraham lincoln.

18}. sayur akar adalah sayur yang di ambil dari akarnya, contohnya adalah

  1. timun
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4

Jawaban: B. 1 dan 3

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sayur akar adalah sayur yang di ambil dari akarnya, contohnya adalah 1 dan 3.

19}. Penerapan demokrasi liberal di Indonesia membuat ketidakstabilan politik karena?

  1. anggota partai kebanyakan bukan golongan terpelajar
  2. masalah ekonomi tidak diperhatikan oleh partai-partai
  3. penetapan demokrasi liberal di Indonesia tidak didukung oleh kalangan militer
  4. masing-masing partai dalam kabinet mengutamakan kepentingan golongannya hingga menibulkan konflik
  5. terlalu sering berganti kabinet akibat mosi tidak percaya dari partai lawan sehingga program kabinet tidak maksimal

Jawaban: E. terlalu sering berganti kabinet akibat mosi tidak percaya dari partai lawan sehingga program kabinet tidak maksimal

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, penerapan demokrasi liberal di indonesia membuat ketidakstabilan politik karena terlalu sering berganti kabinet akibat mosi tidak percaya dari partai lawan sehingga program kabinet tidak maksimal.

20}. Pada sistem kelistrikan (Electric System) dilengkapi dengan komponen regulator yang berfungsi: ?

  1. Menjaga agar voltage yang keluar dari alternator ke battery tetap konstan 27-29 volt
  2. Mengatur arus dan voltage yang dihasilkan oleh altenator
  3. Menjaga agar voltage pada altenator dapat mengeluarkan arus ke battery sehingga Battery dapat melakukan charging pada unit
  4. Menjaga agar arus dari alternator yang disuplay ke battery tetap konstan antara 28-31 volt dan 13 A
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Menjaga agar voltage yang keluar dari alternator ke battery tetap konstan 27-29 volt

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pada sistem kelistrikan (electric system) dilengkapi dengan komponen regulator yang berfungsi: menjaga agar voltage yang keluar dari alternator ke battery tetap konstan 27-29 volt.